• Ratliff Bjerrum posted an update 2 years, 9 months ago

    SariAgri – Sebanyak 200 ha tanaman padi di wilayah Kabupaten Barito Kuala terserang hama tungro. Serangan hama ini tersebar di wilayah kecamatan Rantau Badauh, Cerbon, Tabukan, Barambai serta kecamatan Anjir Muara.

    Tanaman padi milik petani di sejumlah wilayah kecamatan ini sempat mengalami gagal panen, akibat banjir besar pada pertengahan bulan Januari lalu, itu belum usai kini tanaman padi mulai terserang hama tungro.

    Padi yang terserang hama, daun tanaman padinya mulai nampak menguning,anak padi atau bulirnya juga mulai berkurang. Hal ini tentu saja membuat petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Kuala mulai resah akibat tanaman padi mereka terserang hama tungro yang semakin mengganas.

    Pertanian dan Perkebunan Penyemprotan hama tungro secara massal (Sariagri/Ibrahim)

    Penyemprotan hama tungro secara massal (Sariagri/Ibrahim)

    Salah satunya lahan yang pertanian yang mengalami serangan hama tungro, yakni lahan di desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh,Kabupaten Barito Kuala.

    Salah seorang petani, Hatni mengatakan, untuk mengantisipasi kerusakan tanaman padi lebih banyak, ia bersama dengan anggota kelompok tani serentak melakukan pengendalian hama tungro berupa penyemprotan massal dengan menggunakan insektisida.

    "Dengan adanya penyemprotan hama tungro ini, sedikitnya bisa mengantisipasi kerusakan atau gagal panen padi akibat serangan hama " kata Hatni.

    Ini Teknologi yang Berhasil Tingkatkan Pendapatan Petani Padi di Indramayu

    5 Cara Mengatasi Hama Walang Sangit pada Tanaman Padi

    Hatni dan sejumlah petani lain berharap dengan penyemprotan itu diharapkan tanaman padi bisa membaik dan mendapatkan hasil seperti biasanya.

    Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten batola, Murniati mengungkapkan, sebagai bentuk kepedulian pada petani pihaknya tidak hanya memberikan bimbingan pada petani, untuk mengendalikan hama tungro ini tapi juga memberi pengawalan. Sejumlah kecamatan lainnya, yang tidak terserang pihaknya juga terus memberi himbauan himbauan kepada petani untuk selalu melakukan pengamatan terkait penyakit tungro ini
    Pertanian dan Perkebunan .

    “ Mudah-mudahan dengan adanya pengawalan yang ketat, penyakit tungro ini bisa dikendalikan penyebarannya,” tutup Murniati berharap.

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©[2018]DeluxeSWAP

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account

Skip to toolbar